Sabtu, 31 Maret 2012

Al-Khawarizmi Sang Bapak Matematika Dunia

Siapakah Orang Yang Mendapat Julukan Bapaknya Matematika ?

Dialah Al-Khawarizmi Yang Dikenal Di Barat Dengan Nama Al-Goritmi, Al-Gorismi, Al-Goritma (780-846 M) Beliau Adalah Tokoh Islam Yang Berpengetahuan Luas Dan Karya-Karyanya Banyak Menjadi Kiblat Para Ilmuwan Barat Hingga Sekarang.

Beliaulah Yang Memperkenalkan Pertama Kali Angka 0 Kepada Prosedur Perhitungan, Melalui Al-Khawarizmilah Orang-Orang Eropa Belajar Menggunakan Angka Nol Untuk Memudahkan Menghitung Puluhan, Ratusan, Ribuan, dst, Beliau Juga Yang Menemukan Konsep Persamaan Linear & Kuadrat, Simbol Positif (+) dan Negatif (-), Penemu Cos, Sin, Tan, Penemu Trigonometri, Algoritma dsb.

Para Ilmuwan Barat Seperti Copernicus, Banyak Menyalin Teori-Teori Dari Para Ilmuwan Muslim, Diantaranya dari Al-Khawarizmi. Misalnya, Tentang Perhitungan Ketinggian Gunung, Kedalaman Lembah dan Jarak Antara Dua Buah Objek Yang Terletak Antara Suatu Daerah Yang Berpermukaan Datar Atau Yang Berpermukaan Tidak Rata.

Bahkan, Ada Ilmuwan Barat Lainnya Yang Tidak Saja Menyalin Teori Hasil Pemikiran Al-Khawarizmi, Tetapi Juga Mengakuinya Sebagai Penemunya. Misalnya, John Napies (1550-1617 M) dan Simon Stevin (1548-1620 M) . Mereka Mengaku Bahwa Merekalah Penemu Rumus Ilmu Ukur Mengenai Segitiga, Daftar Logaritma dan Hitungan Persepuluh. Padahal, Para Ilmuwan Muslim Mengetahui Bahwa Al-Khawarizmi-lah Yang Pertama Kali Menemukannya.

Renungkanlah !!!! Selama Ini Banyak Kaum Terpelajar Lebih Mengenal Para Ahli Matematika Eropa / Barat Padahal Sejatinya Banyak Ilmuwan Muslim Yang Menjadi Rujukan Para Ahli Matematika Dari Barat.



Bagikan Artikel Ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...