Sabtu, 31 Maret 2012

Negara Terkecil Di Dunia

Negara Yang Berpredikat Sebagai Negara Terkecil Di Dunia Sampai Saat Ini Dipegang Oleh Vatikan City. Predikat Ini Diberikan Karena Telah Melalui Serangkaian Syarat Tentang Berdirinya Suatu Negara Baik Pengakuan Secara De Fakto Maupun De Jure, Serta Pengakuan Dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).Sahabat Dari 196 Negara Yang Ada Di Dunia, Vatican Dengan Nama Resmi State Of The Vatican City Atau Holy See, Merupakan Negara Terkecil di Dunia Dengan Luas Hanya 44 Hektar Atau Hampir Dua Kali Lipat Luas Istana Bogor Atau 1/3 Luas Kawasan Gelora Bung Karno. Akses Utama Negara Ini Adalah Lapangan Santo Peter Yang Terkenal. Kalau Boleh Dikatakan, Batas Negaranya Hanya Berupa Pagar Pendek Yang Memisahkannya Dari Kota Roma Yaitu Ibukota Negara Italia. Bahkan Jika Kita Melihat Vatican City Dari Atas, Seluruh Negaranya Dapat Langsung Terlihat Jelas. Negara Ini Juga Memiliki Jumlah Penduduk Yang Paling Sedikit di Dunia, Yaitu Diperkirakan Hanya Sebanyak 800-an Jiwa.

Negara Ini Didirikan Pada Tanggal 11 Februari 1929 dan Merupakan Enklave (Daerah Kantung) Italia. Enklave Artinya Sebuah Negara Yang Ada di Tengah Daerah Negara Lain. Alasannya Vatican City Berada di Bukit Vatikan Yang Ada di Sebelah Barat Roma, Ibu Kota Negara Italia.

Mengapa Vatican City Bisa Berada di Tengah Negara Lain ? Menurut Sejarah Ada Sedikit Sengketa Masalah Kekuasaan Paus Dengan Pemerintahan Berdaulat Negara Italia Pada Waktu Itu, Namun Akhirnya Pada Tanggal 11 Februari 1929 Sekertaris Kardinal Pietro Gasparri dan Perdana Menteri Italia, Benito Mussolini, Menandatangani Perjanjian Lateran Untuk Pengakuan Berdirinya Negara Vatican City. Tidak Lama Kemudian, Vatican City Menjadi Pusat Keagamaan Umat Katolik Roma Dunia.

Bentuk Pemerintahan Vatikan Adalah Kerajaan Namun Uniknya Kepala Negara Vatican City Tidak Mempunyai Raja Namun Yang Mereka Punya Adalah Paus Yang Juga Pemimpin Umat Katolik Roma Dunia. Paus Dipilih Dari Salah Satu Dari Dewan Kardinal Dari 21 Negara Yang Mempunyai Hak Suara. Dan  Begitu Terpilih, Seorang Paus Harus Memangku Jabatan Tersebut Hingga Akhir Hayatnya. Paus Yang Memimpin Vatican City Sekarang Adalah Paus Benedictus XVI.
 

 


 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...